Selasa, 23 April 2013

Pengantar Web Science "Facebook"



Sejarah

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.


Konsep

Konsep dari jejaring sosial ini adalah umumnya sama, untuk “menyatukan yang jauh” , tiada lain maksudnya adalah memperkenalkan teman lama maupun teman baru yang berada di tempat lain asalkan memiliki account facebook ini. Selain itu user dapat memasang iklan, berbagi foto, video dan sebagainya agar dapat dilihat semua pengguna facebook ini.


Tekhnologi

Berikut ini adalah beberapa tehnologi yang digunakan oleh facebook, yaitu :

  • Memcached

Memcached saat ini menjadi salah satu perangkat lunak paling terkenal di internet. Ia merupakan sistem caching memori terdistribusi yang digunakan Facebook (dan banyak situs lainnya) sebagai lapisan caching antara server web dan server MySQL (karena akses database relatif lambat).

  • HipHop for PHP

PHP, sebagai scripting language, relatif lambat bila dibandingkan dengan kode yang berjalan secara native di server. HipHop mengubah PHP menjadi kode C++ yang kemudian dapat dikompilasi untuk menghasilkan performa yang lebih baik.
Hal ini telah memungkinkan Facebook untuk mengoptimalkan server webnya karena ia sangat bergantung pada PHP untuk melayani konten.


  • Scribe
Scribe adalah sistem logging fleksibel yang digunakan secara internal oleh Facebook untuk banyak tujuan. Ia dikembangkan untuk menangani logging pada Facebook, dan secara otomatis menangani kategori logging baru yang muncul.


Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan Facebook :
1.    TimeLine yang bisa dikatakan unlimited
2.    Memiliki dinding Profile yang terlengkap
3.    Sebagai ajang Promosi dan Iklan
4.    Facebook memiliki fitur game didalam applikasinya

Kekurangan Facebook :
1.    Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis
2.    data diri pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak bertanggung jawab
3.    kegiatan hidup personal kita diketahui pihak lain
4.    mulai marak spam dari orang yang mau promosi produk


Keamanan

Pada facebook terdapat beberapa cara untuk mengatur keamanan pengguna facebook yang berguna untuk mambatasi pengguna facebook yang lain untuk mengakses profile kita. Pengaturan tersebut dapat kita lakukan pada pengaturan kronologi, da nadapun macam-macam pengaturan yang ada didalamnya yaitu pengaturan Pertemanan, pengaturan Tagging/tanda, pengaturan iklan, Apps dan Website, pengaturan Limit The Audience for Old Posts on Your Timeline, dan pengaturan Manage Blocking.


Pemanfaatan dan Pengembangan

Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Facebook sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi dapat dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog. Facebook memang memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://rubysocialnetworks.blogspot.com/2012/03/pemanfaatan-dan-pengembangan-facebook.html
http://abouttiyo.web.id/facebook/pengaturan-keamanan-facebook-kronologi
http://rubysocialnetworks.blogspot.com/2012/03/kelebihan-dan-kekurangan-facebook.html
http://akbalakbal.wordpress.com/2012/03/13/teknologi-yang-digunakan-pada-jejaring-sosial-facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar