Kamis, 02 Oktober 2014

Motivasi Belajar



Sudah banyak sekali para ahli psikologi pendidikan dan pembelajaran membahas tentang motivasi. Sedemikian banyaknya pembahasan tentang motivasi dalam pembelajaran itu telah menghasilkan definisi motivasi yang banyak pula. Namun demikian pada intinya, motivasi dapat diartikan sebagai: a) Dorongan yang timbul pada diri seseorang, secara disadari atau tidak disadari, untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. b) Usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Menurut Slavin (2009), para ahli psikologi mendefinisikan motivasi sebagai proses internal yang mengaktifkan, menuntun, dan mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Dalam bahasa sederhana, motivasi adalah sesuatu yang menyebabkan anda berjalan, membuat anda berjalan, dan menentukan ke mana anda berusaha berjalan. Pekerjaan pendidik bukanlah meningkatkan motivasi pada dirinya, melainkan menemukan, menyalakan, dan mempertahankan motivasi siswa untuk belajar, dan untuk terlibat ke dalam kegiatan yang menghasilkan pembelajaran.

Masa remaja adalah transisi dalam periode anak-anak ke periode dewasa, periode ini dianggap sebagai masa yang amat penting dalam kehidupan seseorang khususnya pembentukan pribadi individu. Remaja adalah masa dimana dia ingin mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya, dan keingintahuannya sangat besar . Lewat internet para pelajar biasanya mencari semua informasi yang ingin diketahuinya. Internet yang selama ini kita ketahui hanya untuk browsing, email, dan chatting ternyata sekarang sering digunakan oleh pelajar untuk bermain game yang lebih dikenal dengan game online.

Game online adalah game komputer yang dapat dimainkan oleh multipemain melalui internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online atau dapat diakses langsung (mengunjungi halaman web yang bersangkutan) atau melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut . Game online sebagai tempat bermain maya yang memukau para konsumen dengan memberikan tingkat kompetensi, interaksi sosial, dan dorongan psikologis yang lebih luas. Mereka dapat terhubung dengan puluhan orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan, dimanapun mereka online.

Jika dilihat-lihat, saat ini sudah banyak warnet-warnet yang berlokasi di dekat sekolah, umumnya pengusaha warnet menyediakan fasilitas bermain game online. ini membuat pelajar lebih tertarik untuk bermain game online dibandingkan berangkat kesekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar