Rabu, 19 November 2014

Cara Mengatasi Kejenuhan



Kejenuhan bisa dialami oleh siapapun, entah itu pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, maupun pekerja. Umumnya rasa jenuh timbul karena melakukan aktifitas rutin yang monoton dan terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Bagi para pelajar/mahasiswa kejenuhan yang dialami umumnya adalah kejenuhan dalam belajar, yang bisa membuat motivasi belajar mereka lama kelamaan menjadi menurun. Dan kalau keadaan ini dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada merosotnya prestasi akademik pelajar/mahasiswa bersangkutan.

Untuk mengatasi/menghindarinya, ada beberapa tips cara mengatasi kejenuhan :
1.    Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan apabila kita sudah jenuh dengan apa yang sedang kita pelajari. Disaat belajar juga kita dapat sambil mendengarkan musik karena musik dapat menenangkan fikiran atau mungkin membuat kita lebih semangat untuk belajar.

2.    Mencari udara segar
Menghirup udara segar baik untuk kesehatan tubuh dan membuat fikiran menjadi fresh kembali.

3.    Makan dan Minum
Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang baik, apabila asupan nutrisi ditubuh tercukupi mungkin kinerja otak untuk mempelajari elajaran akan lebih mudah baik. Akan lebih baik juka kita belar tidak dalam keadaan lapar ataupun haus karena dapat sedikit menggangu konsentrasi dalam belajar.

4.    Browsing internet
Browsing internet merupakan salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan, akan tetapi secara tidak langsung saat kita berowsing kita juga mendapatkan informasi-informasi baru, jadi secara tidak langsung kita juga belajar saat itu juga.


5.    Bermain Game
Disaat sudah jenuh dengan pelajaran kita dapat bermain game dulu untuk menghibur diri menyegarkan fikiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar